7 Jenis Seragam Kerja Lapangan untuk Berbagai Profesi

Jenis Seragam Kerja Lapangan

Doran Souvenir – Pemilihan jenis pakaian untuk kerja di lapangan tentu tidak bisa dipandang remeh. Selain membantu meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, seragam yang tepat juga akan mendorong lingkungan kerja yang lebih aman. Ada beberapa contoh pakaian keselamatan yang dibutuhkan, terutama untuk pekerjaan beresiko tinggi seperti di bidang konstruksi atau pertambangan. Berikut jenis seragam kerja lapangan yang perlu Anda ketahui. 

Jenis Seragam Kerja Lapangan 

Ketika memilih seragam untuk bekerja, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari desain, variasi warna, hingga bahan menjadi faktor penentu agar karyawan lebih nyaman ketika mengenakannya. Bagi beberapa profesi, seragam juga membantu meningkatkan keamanan saat bekerja. Misalnya, bagi pekerja lapangan di malam hari, bahan seragam yang dikenakan lebih tebal dan sering kali dilengkapi scotlight yang dapat memantulkan sinar di malam hari. Berikut adalah jenis seragam kerja lapangan yang sering dijumpai. 

1. Kemeja Kerja Lapangan

Jenis Seragam Kerja Lapangan
sc: Engineer Workwear Co.

Kemeja kerja lapangan merupakan jenis pakaian yang paling umum digunakan untuk seragam, baik lengan panjang maupun lengan pendek. Biasanya, kemeja kerja dikenakan bagi pekerja yang berkaitan dengan peralatan serta memiliki aktivitas cukup padat di bawah terik matahari. Biasanya terbuat dari bahan yang kuat. Jenis seragam satu ini banyak dipilih karena memiliki sifat yang nyaman dan pengerjaannya relatif lebih mudah.

2. Kemeja Polo 

Kemeja Polo
sc: Freepik

Kemeja polo adalah seragam kerja yang paling banyak dijumpai. Konsep kemeja polo yang memadukan kaos dan kerah menampilkan kesan yang nyaman namun tetap formal. Tentu berbeda dengan seragam kerja dengan lengan panjang atau jas yang biasanya sering digunakan di lingkungan perkantoran. Bahan yang paling sering digunakan yaitu katun karena dikenal lebih sejuk ketika digunakan, terasa halus, memiliki ketahanan tinggi, dan sirkulasi udara yang baik. 

Baca Juga: 5 Bahan Polo Shirt yang Paling Bagus untuk Seragam

3. Rompi Safety 

Jenis Seragam Kerja Lapangan
sc: Freepik

Rompi safety menjadi bagian penting dari seragam kerja lapangan, terutama bagi pekerja di bidang konstruksi, pertambangan, perbaikan jalan, dan masih banyak lagi. Fungsi utamanya yaitu sebagai pelindung tangguh yang dapat menunjang keselamatan pekerja dalam menjalankan tugas. Rompi safety akan membantu memberikan perlindungan di bagian tubuh tertentu, seperti dada dan punggung dari cedera akibat benturan atau bahaya lainnya. Biasanya, bahan yang digunakan tahan dari goresan, air, hingga api. 

4. Kemeja PDL Fleece 

Kemeja PDL Fleece
sc: Lazada

Kemeja PDL Fleece merupakan seragam kerja yang memberikan tampilan lebih kasual namun tetap terlihat formal dan elegan. Fleece merupakan bahan yang relatif lebih awet dan ramah lingkungan. Jika Anda bekerja di alam terbuka bahan fleece menjadi pilihan tepat karena memiliki fleksibilitas yang baik. Bahan pakaian merupakan campuran dari wol dan serat sintetis sehingga cocok digunakan di luar ruangan dan mampu menahan cuaca buruk. 

5. Wearpack 

Jenis Seragam Kerja Lapangan
sc: Freepik

Wearpack adalah jenis seragam kerja lapangan yang kerap digunakan oleh para pekerja di sektor otomotif, mekanik, atau teknisi lapangan lainnya. Fungsi utama dari seragam ini yaitu sebagai pelindung tubuh secara menyeluruh dari kotoran, minyak, hingga bahan kimia berbahaya. Bahan wearpack biasanya terbuat dari bahan yang tahan lama, gampang dibersihkan, dan tetap nyaman ketika dikenakan. 

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sablon Rubber untuk Seragam!

6. Coverall 

Coverall
sc: Freepik

Jenis seragam berikutnya yaitu coverall yang menggabungkan atasan dan bawahan menjadi satu seragam. Biasanya pakaian kerja ini berfungsi melindungi tubuh dari kotoran atau tumpahan bahan berbahaya. Pekerja yang berada di sektor industri alat berat, pertambangan, teknik konstruksi, pemadam kebakaran, dan sejenisnya memiliki risiko kerja cukup tinggi. Oleh karena itu, coverall menjadi opsi terbaik karena bahannya kuat seperti kain drill dan denim, serta tahan terhadap api sekalipun. 

7. High-Visibility Safety Apparel (HVSA)

High-Visibility Safety Apparel (HVSA)
sc: Safety Sign Indonesia

High-visibility clothing adalah pakaian keselamatan yang penting bagi pekerja yang berada di lingkungan yang gelap, malam hari, atau minim cahaya. Sesuai namanya, seragam hi-vis bertujuan untuk meningkatkan visibilitas atau penglihatan sehingga dapat terlihat dari jauh, terutama di kondisi gelap. Sebagai contoh, seragam ini kerap digunakan oleh pekerja konstruksi di jalan atau pemadam kebakaran. Seragam ini bisa berbentuk kaos oblong, jaket, coverall, bahkan topi. 

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Sablon Rubber untuk Seragam!

Penutup 

Beberapa jenis seragam kerja lapangan di atas juga menjadi standar operation procedure (SOP) ketika bekerja di lapangan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih seragam yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Baju yang tepat akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja. Jika ingin memesan seragam kerja dengan bahan berkualitas, Anda bisa memesan via WhatsApp hanya di Doran Souvenir. Dapatkan informasi lebih lanjut dan pilih desain seragam yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

× Whatsapp